Membuat animasi kepala menoleh dengan antisipasi (head turn with anticipation).
Alat
- Personal Computer
- Software Pencil 2D
- Wacom Intuos3
Dasar Teori
Beberapa prinsip dasar animasi yang digunakan dalam latihan kali ini adalah sebagai berikut :
1. Anticipation
Anticipation adalah gerakan yang dilakukan sebelum kita melakukan gerakan yang lain (ancang - ancang). Gerakan Ini juga dibutuhkan agar gerakan pada animasi menjadi lebih realistik. Contoh : Seperti
saat akan berlari pada kartun, gerakan awalnya pasti dia akan memutar
badan dan mengangkat tangannya keatas baru dia berlari.
2. Timing
Timing adalah penempatan waktu pada sebuah animasi. Seperti
penempatan expressi apabila suatu karakter dilempari batu maka pada
saat itu dia akan kesakitan tanpa jeda waktu artinnya tidak ada
in-between ( gerakan di antara gerakan ).
3. Spacing (Slow in/Slow out)
Slow In Slow Out adalah cepat lambatnya sebuah gerakan pada animasi. Seperti
Gravitasi apabila kita melempar bola ke udara maka akan terlihat cepat
dan apabila kekuatan untuk melaju keatasnya sudah habisa maka
gerakannya akan diperlambat dan kembali turun kebawah.
4. Arcs
Arcs adalah garis lengkung yang menentukan gerakan sebuah animasi, arcs juga digunakan agar sebuah animasi menjadi terlihat lebih realistik tidak seperti robot.
Langkah Percobaan
Langkah percobaan
yang digunakan pada latihan kali ini hampir sama seperti latihan
sebelumnya, hanya saja menambahkan sedikit gerakan awalan sebelum
melakukan gerakan kepala menoleh. Latihan sebelumnya bisa dilihat disini.
Setelah mencoba latihan sebelumnya, maka langkah berikutnya adalah sebagai berikut :
- Gunkan seperempat bagian dari gerakan pada simple head turn sebelumnya.
- Lalu tambahkan gerakan tambahan pada frame berikutnya yaitu mata terkejut dengan kelopak mata yang terbuka dan pupil mata yang bergeser untuk efek antisipasinya.
- Untuk gerakan selanjutnya menggerakkan kepala ke kanan dengan frame yang berikutnya. Dengan mata semi tertutup.
- Lalu pada 1/4 akhir dari kepala menoleh, mata sudah terbuka seolah-olah terkejut sedang melihat sesuatu.
- Lalu play & loop animasinya.
Hasil Percobaan
Referensi
12 Prinsip Animasi
(http://animation-everyday.blogspot.com/2013/05/12-prinsip-animasi.html)
Moh Hasbi Assidiqi | Web, Games, and Education
(http://www.mohhasbias.com/)
Principles Of Animation
(http://www.brianlemay.com/Pages/animationschool/animation/lipsyncbook/sloin.html)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar