Minggu, 28 September 2014

Simple Head Turn

Tujuan


1. Mahasiswa dapat membuat animasi Head Turn (menoleh)
 
 

Dasar Teori


Berikut adalah beberapa dasar teori yang dapat diterapkan untuk membuat animasi tersebut
 
1.    Timing and Spacing

Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang kurang pas. sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.

2.    Arcs

Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
 

Alat


1. PC / Laptop
2. Wacom Intuos3
3.Software Pencil 2D
 
 

Langkah Percobaan

 

1. Buka software Pencil2D.
2. Buatlah lingkaran pertama pada layer bitmap dengan kerangka kepala.
3. Lalu buatlah layer baru untuk menambahkan garis-garis pada kepala agar dapat dengan mudah mengukur konstan pada gerakan wajah, seperti gambar dibawah ini.

Lines on face


4. Buatlah 5 frame untuk animasi ini, dengan lingkaran yang tetap/konstan. (hanya satu belokan saja)
5. Setelah 5 frame sudah ada, saatnya menambahkan layer arcs, dengan menambahkan dot pada tengah kerangka lingkaran, untuk memastikan pergerakan arcs seperti parabola atau melengkung, seperti gambar dibawah ini.

Arcs on Face

6. Jika arcs sudah menunjukkan siklus melengkung seperti parabola, maka bisa dibilang head turn yang dibuat sudah bisa terlihat seperti nyata.
7. Selamat mencoba.


 Analisa

 

Dalam membuat Head Turn ini, yang saya alami adalah kesulitan pada saat menentukan pergerakan bentuk kepala, lalu akhirnya saya putuskan untuk membuat dari awal dengan kepala yang konstan, lalu juga dalam penentuan arcs pada kerangka kepala yang kurang, serta timing dan spacing yang kurang juga.


Hasil Percobaan

 


Referensi

Animating a head turning (source: https://www.youtube.com/watch?v=X7JKpUJv1xo)

Head turn with additional animation (source: http://misscaptainalex.wordpress.com)
Praktikum 4 - Animasi 2D (source: http://www.mohhasbias.com/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar